Senin, 24 April 2017

Record Macro Ms. Excel


Assalamu'alaikum...

Pada post ini saya akan membahas tentang cara-cara membuat record macro, dan beginilah caranya:


Buka atau buat dokumen yang datanya akan di-Record Macro.


Sederhanakan bentuk Tabel sehingga yang tersisa merupakan hal yang penting-penting saja. dalam kasus ini saya akan menghilangkan kolom nomor.

Block bagian yang menurut kalian merupakan bagian yang penting dan copy bagian tersebut.

Pilih sel di mana data tersebut akan diletakkan. Kemudian klik kanan, pada bagian paste option pilih transpose.




Pada kolom B kita lakukan format text yang mengarah vertikal agar mendaftar, blok kolom tersebut, klik kanan, Format Cells -> Alignment -> Ubah orientasi teks menjadi 0 derajat (degre) sehingga hasilnya seperti ilustrasi berikut.



Langkah berikutnya adalah menghapus kolom B (tapi kita mesti ingat urutan mata pelajarannya) dan juga baris 9 dan 16 karena ini tidak kita perlukan, juga border (garis-garis tabel) perlu dihapus. Sisipkan 2 baris kosong di bawah baris nama (untuk judul kolom tabel) dan beri warna beda pada baris nilai semester 4 (baris 10-15), untuk membedakan nilai semester 3, 4, dan 5. Hasilnya seperti ilustrasi berikut.


Tempatkan Active cell pada B2. Pastikan menge-klik Use Relative References (pada tab menu View -> tab Macros -> klik spin (segitiga kecil) pilih Use Relative References.


 Kemudian klik Record Macro… kalau kita sudah siap melakukannya, maka akan muncul popup menu isian, isikan seperlunya, jangan lupa memberi nama macro dan membuat shortcut ctrl+…(saya contohkan Ctrl+w). Ini bertujuan jika hendak menjalan macro kita tinggal menggunakan shorcut tersebut.




  • Berikutnya adalah membuat satu tabel secara manual (untuk data satu siswa saja), ubahlah seperti format tabel jadi (seperti ilustrasi 1 di atas). Caranya sisipkan kolom sebelah kanan siswa pertama (cell B2) sebanyak yang diperlukan (dalam contoh ini saya sisipkan sebanyak 8 kolom).
  • Lakukan pekerjaan secara manual: bisa menambahkan Tulisan pada beberapa cell seperti No, Mata Pelajaran, Semester 3, 4, 5 dll, memindah kolom tabel, memformat garis batas (border), memberikan warna cell, menulis rumus perhitungan tertentu dll sesuai format tabel yang kita harapkan. Jika semua sudah selesai format tabel seperti yang diharapkan, letakkan pointer pada cell pada nama siswa diurutan ke-3 (cell K1). Selesai…. Silahkan Klik Stop recording… toolbar-nya ada pada bagian saat kita Record Macro… atau dibagian kiri bawah halaman lembar kerja Excel kita.





  • Sampai disini kita bisa mencoba kerja macro untuk tabel siswa ke dua, caranya tempatkan pointer pada cell nama siswa ke-3; Tekan shorcut key Ctrl+w seperti yang anda tentukan sebelumnya (saat akan me-record macro).
  • Jika hasilnya persis tabel yang kita buat namun berisi data siswa ke-2 maka itu berarti pekerjaan kita telah benar.
  • Nah kalau siswanya banyak sekali anggaplah 200 siswa maka kita perlu menekan Ctrl+w tadi sebanyak sisa-nya yang belum dibuatkan tabel. Jadi tetep capek deh… agar hanya cukup sekali klik tombol Ctrl+w kita lakukan sedikit tambahan pada macro. Caranya klik menu macro -> view macro – klik edit dan tambahkan baris (setelah baris komentar yg ditandai awal dengan ‘…..) ketikkan:
    Do Until Activecell.Value=""
    dan pada bagian bawah sebelum end sub tulisan
    Loop seperti ilustrasi berikut:

 Sekian, semoga membantu :)


0 komentar:

Posting Komentar