Minggu, 19 Maret 2017

Jenis-Jenis Penggunaan Fungsi Absolut dalam Ms.Excel

Assalamu'alaikum...
Haii Semuaa

Sebelum kita mulai kecontoh, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu fungsi absolut dalam Ms. Excel.Fungsi Absolut adalah fungsi yang membuat suatu sel tidak mengalami perubahan saat menjumlahkan, mengurangi, membagi, mengalikan, maupun menggabungkan, karena sel tersebut terkunci dan tidak bisa berubah.

Fungsi Absolut dalam penggunanya dapat dibagi menjadi 4 jenis,yaitu:

  1. F4 (1 Kali) : Diperuntukan untuk data yang berada pada kolom dan baris tetap ( data hanya 1) Contoh: $A$1
  2. F4 (2 Kali) : Diperuntukan untuk data yang berada pada kolom tetap ( Pergerakan data secara horizontal atau posisi data vertikal )
     Contoh : A$1
  3. F4 (3 Kali) : Diperuntukan untuk data yang berada pada baris tetap ( Pergerakan data secara Vertikal atau posisi data horizontal)
     Contoh: $A1
  4. F4 (4 Kali) : Untuk Menghilangkan fungsi absolut ( Kembali ke bentuk semula )
     Contoh: A1
 Contoh dalam suatu soal atau permasalahan seperti dibawah ini:

Langkah-langka yang harus dilakukan adalah:
1. Pertama kita harus membuka lembar kerja dalam Ms. Excel terlebih dahulu seperti dibawah ini:
 
 
2. Lalu buatlah format table atau penyajian data yang akan menggunakan fungsi absolut seperti dibawah ini:
Dalam contoh diatas saya menggunakan contoh dengan konfersi mata uang, yaitu dollar ke rupiah, disitu dapat dilihat bahwa nilai selisih kurs akan tetap sama yaitu Rp8500,00 sementara harga perbarang berubah sesuai dengan jenis barang, oleh karena itu diperlukan fungsi absolut untuk perkalian dengan kurs tersebut, dan untuk harga barang tidak diperlukan karena berubah-ubah.

3. Kemudian, terapkan fungsi absolut seperti dibawah ini:
Disitu harga barang dimulai pada kolom C dan baris ke-9 dan selisih kurs terletak pada kolom B baris ke-6, penulisan rumusnya sesuai dengan pengantar diatas yaitu absolut untuk keseluruhan isi sel B6 dengan cara mengklik F4 satu kali, maka akan muncul rumus seperti diatas.

4. Selanjutnya, kita tinggal menarik rumus tersebut untuk harga barang lain, dengan cara seperti dibawah ini:
Maka Selesailah contoh pertama tadi.

Berikutnya, saya akan memberikan contoh pada jenis fungsi absolut lain seperti dibawah ini:

Pada gambar diatas terlihat adanya penjumlahan antar elemen dalam suatu sel, untuk membuatnya menjadi otomatis, tanpa menjumlahkan satu persatu, langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Kita harus menentukan terlebih dahulu angka-angka yang akan mengisi sel yang akan dijumlahkan satu sama lain, atau sel yang ada dipinggir, seperti ini:


2. Selanjutnya, kita mulai menerapkan rumus dengan fungsi absolut pada perkalian pertama yaitu penjumlahan 2 dengan 2, seperti dibawah ini:


Pada gambar diatas terlihat bahwa kita menggunakan fungsi absolut jenis kedua dan ketiga sesuai pada pengantar diatas. Pada Sel C3 jumlah akan tetap secara vertikal kebawah atau kolom tetap oleh karena itu fungsi absolut akan menjadi seperti C$3 dengan cara mengklik F4 sebanyak 2 kali, sedangkan untuk sel B4 yang terjadi adalah baris tetap atau jumlah sel akan tetap secara horizontal sehingga akan terbentuk menjadi $B4 dengan cara mengklik F4 3 kali.

3. Langkah terakhir, sama seperti pada contoh pertama, kta tinggal menyeretnya agar sel lain terisi secara otomatis seperti dibawah ini:
Itulah salah satu contoh penggunan jenis-jenis absolut.

Terimakasih telah mengunjungi blog ini :)

 
 

0 komentar:

Posting Komentar