Minggu, 19 Maret 2017

Penggunaan Penggunaan Rumus Autosum dalam Ms. Excel

Assalamu'alaikum
Halooo

Baiklah pada blog ini saya akan membahas tentang penggunaan rumus autosum dalam Ms. Excel. Sebelum memulai lebih jauh,saya akan memperkenalkan terlebih dahulu apa itu fungsi autosum.

Fungsi autosum digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat dalam suatu array atau rentang sel tertentu. Fungsi ini sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari dalam perhitungan matematika yaitu logka maupun statistika.


Fungsi ini sendiri terdiri dari:
· Sum, digunakan untuk melakukan penjumlahan dalam suatu range.
· Average, untuk menghitung rata-rata dalam suatu range.
· Count Numbers, untuk menghitung jumlah data dalam suatu range.
· Max, untuk mencari nilai maksimal dalam suatu range.
· Min, untuk mencari nilai minimal dalam suatu range.


Untuk Penggunaan lebih jelasnya, saya akan menjelaskan dengan membentuk penyajian data seperti dibawah ini: 

1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lembar kerja seperti ini:


2. Kemudian, membentu table dengan cara seperti dibawah ini:


Pembentukan table dengan cara diatas yaitu memblok sel-sel atau baris/kolom yang akan dijadikan table kemudian pilih menu seperti diatas pada tabs home, ada banyak pilihan border atau garistepi pada tabel,pilihlah sesuai penggunaan, untuk hal ini saya menggunakan all border.
Untuk memperindah bentuk table dapat dengan mewarnai sel dari table tersebut dengan command "shape fill", sehingga terbentuk seperti ini:


3. Isi sel dengan data-data yang sesuai dengan kebutuhan seperti dibawah ini:


4. Setelah itu, mulailah penggunaan rumus autosum digunakan, pada hal ini pertama kita menggunakan rumus SUM untuk menghitung total nilai, seperti dibawah ini:

Caranya dengan mengetik =SUM pada sel yang sesuai, lalu ketik tanda buka kurung "(", blok seluruh sel yang akan dijumlahkan, terakhir ketik tanda tutp kurung, dan tekan tombol enter, maka akan terlihat hasil dari penjumlahnnya seperti gambar diatas.


5. Penggunaan rumus MIN, liat gambar dibawah ini:
Caranya sama dengan penggunaan rumus SUM pada langkah ke-4, hanya saja kata SUM diganyi dengan MIN, maka akan terbentuk seperti gambar diatas.

6. Langkah selanjunya sama seperti langkah 4 dan 5, hanya diganti rumus saja, untuk niali terbsesar diganti MAX, rata-rata digati AVERAGE, dan jumlah siswa diganti dengan COUNT NUMBERS dan yang diblok adalah nama siswa-siswi nya. Maka akan terbentuk seperti dibawah ini:


Sekian yang dapat saya jelaskan, Terimakasih telah mengunjugi blog ini :)






 

0 komentar:

Posting Komentar