Minggu, 12 Maret 2017

Cara Menyisipkan Berbagai Jenis Bentuk 2 atau 3 Dimensi dan Membentuk Tulisan Khusus dala Ms. Word

Assalamu'alaikum semuaa
Selamat Datang di Blog ini.

Pada blog ini. saya akan menjelasakan tentang bagaimana menysipkan bentuk 2 atau 3 dimensi dalam Ms.word dengan menerapkannya dalam bentuk diagram atau alur. Karena terkadang kita membutuhkan diagram untuk memudahkan kita dalam menjelaskan atau menerangkan suatu hal, yang termasukdalam salah satu fungdi Ms. Word sebagai aplikasi pengolah data atau informasi yang berupa huruf. Lebih jelasnya saya akan membuat seperti gambar dibawah ini:


1. Pertama saya membuat paragraf sebagai dasar pembentukan diagram atau alur seperti dibawah ini, pada judulnya saya memberikan bentuk khusus dengan menggunakan "Word Art", caranya dengan memilih tabs "Insert" lalu ke bagian text dan cari ribbon command bertluliskan "Word Art dengan lambang huruf A yang dimiringkan. Seperti Gambar dibawah ini:

Image result for lambang word art

2. Setelah itu, saya memilih bentuk tertentu sehingga terbentuklah bentuk tulisan seperti dibawah ini:


3. Kemudian, saya akan memulai membuat bentuk judul per bagian-bagian dari alur tersebut dengan menggunakan "Text Box" seperti dibawah ini:


4. Setelah itu, akan muncul bentuk persegi panjang seperti dibawah ini,dalam bentuk ini kita dapat menuliskan teks yang akan kita jadikan judul dalam pembuatan alur tadi.
5.  Selanjutnya, saya akan menghilangkan garis tepi dari bentuk tersebut dengan menggantinya menjadi warna putih yaitu warna yang sesuai dengan warna kertas, dengan cara memilihnya pada command "shape outline" seperti gambar dibawah ini:

Dalam option ini pengguna Ms. Wird juga dapat mengubah warna dasar dari bentuk text box tadi dengan memilih command "shape fill". Dalam Tabs format khusus untuk text box tersebut juga banyak pilhan menu editing lainnya seperti word art, wrap text, rotate, mauoum pilihan lain.

6.  Lalu, saya mengisi atau mengetikkan tulisan dalam text box sebagai judul bagian-bagian alur, sehingga terbentuk seperti dibawah ini:

7. Kemudian, saya melanjutkan membuat bentuk untuk alurnya, yaitu dengan bentuk 2/3 dimensi. Caranya dengan memilih tabs "insert", lalu pilih command "shapes", setelah itu akan muncu berbagai pilihan bentuk 2/3 dimensi seperti dibawah ini:

Dalam command shapes tersebut banyak sekali jenis bentuk yang dapat dipilih mulai dari garis, bentuk tanda matematika (tambah. kurang, bagi, kali), bentuk dasar geometri (segitiga, lingkaran, persegi panjang, kubus, balok, dll), ataupun bentuk-bentuk abstrak untuk caption percakapan atau hal lainnya.

8. Terakhir, saya memilih bentuk yang saya suka, dan memilih warna dalam tabs format khusus seperti yang telah dijelaskan pada poin ke-5, sehingga terbentuklah seperti dibawah ini:

Langkah selanjutnya untuk membentuk seperti gambar yang akan dibuat pada prolog diatas tinggal mengikuti cara yang telah dicontohkan sebelumnya, hanya dibedakan dalam pemilihan bentuk, editing warna dan ukuran, serta posisi dari bentuknya.

Sekian penjelasan dari saya.
Terimakasih telah mengunjungi blog ini :)

0 komentar:

Posting Komentar