Minggu, 19 Maret 2017

Penggunaan Fungsi Sumif

Assalamu'alaikum

Kali ini saya akanmenjelaskan penggunaan fungsi sumif, namun sbeelumya saya akn menjelaskan terlebih dahulu apa itu fungsi Sumif. Fungsi Sumif digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam satu rentang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Penjelasan syntaxnya sperti dibawah ini:
SUMIF(range, criteria, [sum_range])

Sintaks fungsi SUMIF memiliki argumen berikut:
  • rentang. Rentang sel yang akan Anda evaluasi menurut kriteria. Sel di setiap rentang harus merupakan angka atau nama, array, atau referensi yang berisi angka. Sel kosong atau nilai teks diabaikan. Rentang yang dipilih dapat berisi tanggal dalam format Excel standar.
  • kriteria. Kriteria dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, teks, atau fungsi yang menentukan sel mana yang akan ditambahkan.
    Penting: Kriteria teks atau kriteria apa pun yang mencakup simbol logika atau matematika harus disertakan dalam tanda kutip ganda ("). Jika kriteria adalah numerik, tanda kutip ganda tidak diperlukan.
  • sum_range. Sel aktual untuk ditambahkan, jika Anda ingin menambahkan sel yang lain dari yang sudah ditentukan dalam argumen rentang. Jika argumen sum_range dihilangkan, Excel menambahkan sel yang ditentukan dalam argumen range (sel yang sama di mana kriteria diterapkan).

    Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaanya dibawah ini:
    1. Siapkan tabel dan data terlebih dahulu.
    2. Dalam gambar diatas fungsi sumif digunakan untuk menghitung jumlah yang terjual untuk jenis barang tertentu, hak ini tidak dapat digunakan hanya dengan funsi SUM karena terdapat range dan kriteria yang meyeleksi penjumlahannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah:
    Dalam gambar itu range yang akan meyeleksi adalah range yang berisi jenis barang yang terjual (B3:B10), setelah itu criteria membuat nama barang yang akan dipilih sebagai contoh ("speaker"), kemudian sum_range berisi range nilai dari barang yang akan dihitung jumlahnya (C3:C10). Makafungsi yang terbentuk adalah =SUMIF(B3:B10,"speaker",C3:C10).
    3. Selanjutnya untuk mengisi sel yang kosong dalamtabel masih menggunakan fungsi sumif, hanya saja diganti dibagian criteria menyesuaikan dengan criteria apa yang akan dipilih, yaitu "mouse", "headset", atau "keyboard". Setelah itu akan terbentuk seperti dibawah ini:


    Seperti itukah penggunaan fungsi sumif yang dapat saya paparkan, terimakasih telah mengunjungi blog ini :)

0 komentar:

Posting Komentar