Selasa, 28 Maret 2017

Cara Membuat Pivot Table dan Beberapa Contoh Pivot Table

Assalamu'alaikum semuaa


Kali ini saya akan membahas tentang pivot table, sebelumnya mungkin ada pertanyaan "kenapa kita harus tau tentang pivot table danapasih kegunaanya?"

Well, jawabannya karena pivot table mampu menganalisis data dengan cepat sehingga biasa digunkaan dalam membuat keputusan bisnis yang baik. Terkadang kita memiliki data yang sangat banyak dan sangat tidak efesien untuk melihat data tertentu dari data yang banyak itu, oleh karena itu pivot table lah solusinya dengan pivot table kita dapat dengan mudah mecari data yang kita mau dengan adanya fitur filter. PivotTable merupakan cara yang hebat untuk meringkas, menganalisis, menjelajahi, dan menyajikan data, dan dapat membuatnya hanya dengan beberapa klik.
 Dan PivotTable sangat fleksibel dan dapat dengan cepat disesuaikan tergantung pada bagaimana kita perlu untuk menampilkan hasil. Kita juga dapat membuat PivotChart berdasarkan PivotTable yang akan diperbarui secara otomatis saat PivotTable sedang diperbarui. 

Lalu bagaimana cara membuat Pivot Table itu sendiri?
baiklah saya akan membahasnya satu persatu mukai dari contoh yang sederhana dengan langkah-lahkah dibawah ini:

Pertama Kita Mulai dari Contoh yang Sederhana


Tapi, sebelumnya kita harus tau beberapa hal dibawah ini:
·    Data kita harus diatur dalam format bertabel, dan tidak memiliki satu pun baris atau kolom kosong. 
·    Tabel merupakan sumber data PivotTable yang hebat, karena baris yang ditambahkan ke tabel secara otomatis disertakan dalam PivotTable saat kita merefresh data, dan setiap kolom baru akan disertakan dalam Daftar Bidang PivotTable. Jika tidak, kita perlu untuk baik memperbarui rentang sumber data secara manual, maupun menggunakan rumus rentang bernama dinamis.
·    Tipe data dalam kolom harus sama. Misalnya, kita tidak boleh mencampur tanggal dan teks di kolom yang sama.
·    PivotTable berfungsi pada jepretan layar data, yang disebut dengan cache, sehingga data aktual kita tidak diubah dengan cara apa pun.

Berikut Langkah-langkahnya:
  1. Buat terlebih dahulu tabelnya


2. Drag atau blok dahulu tabelnya


3. Lalu. pilih tabs INSERT, klik command "PIVOT TABLE", karena ingin membuat pivot table maka pilih PIVOT TABLE, seperti dibawah ini:


4. Kemudian akan muncul menu seperti dibawah ini:


     Dalam menu pada gambar diatas, kita pilih table yang sudah kita buat tadi, lalu pilih tempat dimana Pivot Table akan kita letakkan, untuk contoh saya pilih "new workshet" karena saya akan meeletakkanya difile yang sama hanya beda sheet.

5. Lalu klik OK,maka akan muncl menu seperti dibawah ini:


     Pada gambar diatas terdapat beberapa pilihan dikanan lembar kerja, nah pilihan itulah yang akan menentukan bentuk Pivot Table yang kita buat, karena ini contoh sederhana maka kita tidak perlu menggunakan menu filter terlebih dahulu,sebenarnya meneu itu disesuaikan dnegan kebutuhan kita, tapi saya ingen mencontohkan dengan mengisi ROW LABELS dengan "Category", COLOUMS LABELS dengan "Month", dan VALUES dengan menjumlahkan "Amount". Caranya kita klik dahulu kotak kecil yang ada disamping judul tabs pada pilihan CHOOSE FILES TO ADD TO REPORT, lalu pindahkan ke menu ROW LABELS, MONTH, DAN VALUES sesuai keinginan kita.

6. Lalu, klik kiri pada menu VALUES untuk menentukan perhitungan seperti apa yang akan dihitung.


7. Karena saya akann melakukan perhitungan penjumlahan, maka pilih SUM, untuk perhitungan lain tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.


8.  Kemudian pilih menu sebelahnya yaitu "show values as", dalam mwnu ini kita bisa memilih dalam bentuk apa hasil perhitungan kita akan ditampilkan, pertama saya akan memilih dahulu menu untuk menampilkan darimana presentase data yang akan ditampilkan, sebagai contoh saya akan menampilkan presentase of grand total seperti dibawah ini:


9. Lalu, pilih dalam pilihan apa akan ditampilahnya, sebagai contoh saya tampilkan berdasarkan category, seperti dibawah ini:

10. Pembuatan Pivot Table sederhana selesai dan bentuknya seperti dibawah ini:


Pembuatan Pivot Chart

            Untuk membuat Pivot Chart hampir sama langkahnya dngan membuat Pivot Table hanya saja saat memilih command di tabs Insert pilih Pivot Chart, lalu langkah selanjutnya sama sperti pivot Table.Untuk contoh saya membuat Pivot Chart dengan langkah yang sama dengan membuat Pivot Table diatas makan bentuknya menjadi seperti dibawah ini:


Untuk memahami lebih dalam tentang Pivot Table maka saya akan menyisipkan contoh lain tentang Pivot Table

Contoh Pembuat Pivot Table Data Penjualan

Langkah-lagkahnya seperti dibawah ini:

  1. Buat table terlebih dahulu

     2. Blok tabel dan pilih command Pivot Table di tabs Insert


   3.  Sesuaikan bentuk Pivot Table dengan menyesuaikannya dengan menu, seperti dibawah ini:


Contoh Pivot Table Data Order Barang

Langkah yang digunakan sama dengan yang telah dicontohkan, namun disini kita akan mulai menggunakan menu filter.

  1. Buat Tabel terlebih dahulu.

   2. Blok tabel dan pilih command Pivot Table di tabs Insert


   3. Sesuaikan bentuk Pivot Table dengan menyesuaikannya dengan menu, seperti dibawah ini:

     Nah pada contoh ini saya akan mengealkan fungsi menu filter yang pada contph sebelumnya          tidak digunakan, pada contoh ini saya menggunakan menu filter karena memang datanya sudah      cukup banyak dan ada colom tentang Supplier, menu filter disini digunakan untuk memfilter            atau menyaring data yang akan dimuat dalam pivot table dari suppliernya. Maka tampilan                dibawahnya akan mengikuti sesuai apa dasar filternya.

 4. Untuk lebih jelasnya lihat ketika Pivot Table sudah terbentuk kita dapat memilih berdasarkan          data apa yang akan kita lihat, sebagai contoh saya pilih data yang akan dipilih berdasarkan              supplier dari CV Abadi Jaya, seperti dibawah ini:


 5. Maka akan muncul data seperti dibawah ini:


Terakhir saya akan memberi contoh penggunaan Pivot Table dengan data yang lebih banyak dan menggunakan 5 filter

Contoh Pivot Table Data Peserta Suatu Ujian

1.  Buat Table terlebih dahulu




2. Blog dan pilih menu Pivot Table




 3. Pilih tempat peletakan Pivot Table


4. Susun Pivot Table sesuai yang diinginkan, caranya sama sepertiyang telah dijelaskan sebelumnya



Mengubah Table dan Pivot Tablenya

Dalam suatu hal mungkin kita lupa ada kolom baru yang harus ditambahkan sehingga merubah bentuk table, lalu bagaimana dengan pivot tablenya? Apabila penambahan colom atau baris dalam tabel letaknya diluar table yang telah di blog maka Pivot Table tidak akan berubah juga, oleh karea itu jika ingin mengubah table dengan menambah baris atau kolom letakkan baris/kolom itu didalam tabel, kemudian refresh Pivot Tablenya, untuk jelasnya lihat langkah-langkah berikut:

1. Tambahkan Kolom/Baris dengan klik kanan, lalu pilih insert, pilih lagi sesuai apa yang ingin ditambahkan. Disini saya ambil contoh untuk menambahkan kolom nilai rata-rata.




2. Isi datanya sesuai yang ingin ditambahkan


3. Pindah ke sheet Pivot Tabelnya lalu klik command "refresh"


4. Maka otomatis akan muncul pilihan rata pada "fields to report"


Sekian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih :)

0 komentar:

Posting Komentar