Minggu, 26 Maret 2017

Cara Menggabungkan Data-Data untuk Membentuk NIP

Assalamu'alaikum semuaa

Bahasan kali ini seputar cara menggabungkan atau membentuk NIP (Nomor Induk Pegawai). Dalam NIP sendiri terdapat data-data khusus masing-maisng pegawai yaang tiap pegawai mempunyai data yang bebeda, data ini berbentuk angka berupa Tanggal Kelahiran, Tanggal Pengangkatan, Jenis Kelamin, dan Nomor Urut. Untuk merangkainya menjadi bentuk NIP ikuti lagkah beerikut ini:


1. Siapkan dahulu data yang dibutuhkan. Seperti dibawah ini:




2. Berikutnya gunakan rumus =CONCATENATE(YEAR(C3),IF(MONTH(C3)<10,CONCATENATE("0",MONTH(C3)),MONTH(C3)),IF(DAY(C3)<10,CONCATENATE("0",DAY(C3)),DAY(C3)),YEAR(D3),IF(MONTH(D3)<10,CONCATENATE("0",MONTH(D3)),MONTH(D3)),IF(E3="P",2,1),IF(LEN(F3)=1,CONCATENATE("00",F3),IF(LEN(F3)=2,CONCATENATE("0",F3),F3))) . 


Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:





Rumus CONTATENATE adalah rumus yang digunakan untuk mengabungkan, oleh karena itu letaknya diawal, sementara didalam rumus itu terdapat rumus-rumus lain.


Rumus IF yang pertama digunakan untuk menggabungkan bulan, karena nama bulan jika didalam bentuk angka bisa menjadi 1 digit angka maupun 2 digit sedangkan dalam NIP nama bulan harus 2 digit, oleh karena itu IF disini juga mengandung rumus CONTATENATE yang berfungsi apabila nama bulannya 1 digit maka angka 0 akan digabungkan didepan digit bulan itu. Begitu juga dengan hari dan tahun, hanya pernggunakan rumus MONTH, DAY, dan YEAR saja yang beda.


Selanjutnya penggunakan rumus IF pada status pegawai apakaha laki-laki atau perempuan, jika laki-laki maka diwakili dengan angka 1 dan perempuan dengan anka 2. oleh karena itu fungsi IF disi untuk membedakan keduanya.


Rumus IF yang terakhir memuat rumus LEN juga yaitu rumus yang digunakan untuk mencari banyaknya jumlah digit angka atau huruf dalam suatu kolom. Gabungan rumus ini digunakan karena dalam NIP nomor urut harus terdiri dari 3 digit oleh karena itu yang nomer urutnya hanya 1 digit ditambah "00" didepannya dan yang 2 digit ditambah "0", ini sama halnya dengan kasus bulan, hari,dan tahun tadi oleh karena itu juga menggunakan rumus CONTATENATE, hanya beda dalam rumus teksnya saja, kalau ini pakai LEN.


3. Langkah selanjutnya tinggal menarik rumus itu kebawah atau ke kolom bawahnya agar terisi semua. seperti gambar dibawah ini:


Begitulah cara menggabungkan atau membentuk NIP, Terimakasih :)

0 komentar:

Posting Komentar