Minggu, 19 Maret 2017

Penggunaan Fungsi Countif dan Pengaplikasiannya dengan Fungsi Lain

Assalamu'alaikum Wr Wb

Pada muatan isi blog kali ini,saya akan membahas tentang pengunaan Fungsi Countif dan pengaplikasiannya dengan fungsi lain. Fungsi lain yang akan digunakan oleh saya adalah absolut($), pembagian (/), perkalian (*), dan penjumlahan antar sel-sel (=sum) Tapi sebelumnya saya akan mendefinisikan terlebih dahulu apa itu fungsi Countif. Countif adalah salah satu fungsi statistik, untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi kriteria; misalnya, untuk menghitung berapa kali seorang pegawai hadir di kantor dalam seminggu.

Untuk penggunaan lebih jelasnya, akan saya jelaskan dengan membuat penyajian data seperti dibawah ini:

1. Buat bentuk tabel penyajian data yang akan digunakan terlebih dahulu, disini saya akan membuat tabel kehadiran pegawai di kantor, presentasenya, dan jumlah honor yang akan didapat sesuai dengan jumlah kehadirannya tersebut.


2. Setelah itu saya mengisis data dalam tabel seperti dibawah ini:

3. Pada tabel terdapat kolom jumlah hadir yang masih kosong, oleh karena itu kita akan mengisinya dengan menggunakan fungsi countif, yaitu menjumlahkan kehadiran pegawai yang diwakilkan dengan tanda "x" pada tabel diatas.

Dalam fungsi ini, terdapat dua jenis data yang akan dimasukan untuk mencari hasil dari perhitungannya, yaitu berupa "range", dan "criteria".

Range (rentang) adalah kelompok sel yang akan dihitung. Range dapat berisi angka, larik, rentang bernama, atau referensi lain yang berisi angka serta nilai kosong dan nilai teks yang diabaikan. Yang pada hal ini yaitu baris C8-H8, C9-H9, begitu seterusnya sampai C13-H13, yang akan diketik dengan "C8:H8".

Criteria adalah angka, ekspresi, referensi sel, atau string teks yang menentukan sel yang akan dihitung. Yang pada hal ini yaitu "x"

Maka format fungsinya menjadi =countif(C8:H8,"x") Seperti dibawah ini:


Dan akan menjadi seperti ini:


4. Selanjutnya adalah menhitung nilai presentasenya, dengan pembagian dalam sel "/" dan perkalian dalam sel yaitu "*". Lebih jelasnya seperti dibawah ini:
Pada gambar diatas kita membagi terlebih dahulu jumlah kehadiran pada kolom I dengan banyaknya kehadiran seharusnya yaitu 6 kali, kemudian hasilnya dikalikan dengan 100%, maka terbentuk rumus seperti ini =(I8/6)*100%

5. Setelah itu kita menggunakan fungsi absolut dan peralian untuk menghitung jmlah honor yang diterima, fungsi absolut ini digunakan karena jumlah honor yang diterima tetap, maka isi sel juga tetap, jadi fungsi abslut yang dipakai adalah $D$5 dengan menekan F4 satu kali.Untuk lebih jelasnya liat gambar dibawah ini:
Dengan menyeretnya kebawah akan terbentuk seperti ini:




6.Terakhir adalah menjumlahkan total honor atau upah yang ada dengan SUM, seperti dibawah ini:




Begitulah cara penggunaanya, Terimakasih telah mengunjungi blog ini :)

0 komentar:

Posting Komentar