Minggu, 19 Maret 2017

Penggunaan Equation dalam Ms. Excel

Assalamu’alaikum semuaaa
Kali ini saya akan memuat tentang cara menginput data matematika yang membutuhka bntuk khusus sepertipangkat, akar, dan logaritma. Saya akan membentuk input data seperti dibawah ini:


 

1.       Hal petama yang akan saya tunjukan adalah tentang penggunaan fungsi perhitungan matematika sederhana yaitu tambah, kurang, bagi, dan kali. Pada gambar dibawah ini Anda dapat melihat cara penggunan fungsi tersebut, yaitu fungsi oenjumlahan dengan tanda (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/). 


Dalam pengetikan atau penulisannya penggunaan tanda kali dan bagi berbeda dengan saat menginput dalam fungsi, dapat dilihat pada gambar diatas perbedan tersbut.
2.       Selanjutnya adalah cara menginput data dalam bentuk pangkat, akar, dan logaritma dan cara mencari hasilnya, yaitu dengan memasukkan fungsi tertentu, lebih jelasnya dapat dilihat seperti dibawah ini:







1.       Pertama kitabuka tabs Insert, lalu pilih command “Equation”, seperti gambar diatas.
2.       Lalu, akan mjncul kolom seperti dibawah ini:





3.       Selanjutnya, pilih tabs design yang akan otomtis muncul bila kita ingin mengisi kolom equation tadi, lebih jelasnya seperti dibawah ini



 Kemudian, kita memilih format seperti apa yang akan digunakan sesuai dengan data yang akan diinput, untuk pertama saya akan memberi contoh input data angka yang berpangkat, maka saya pilih command “Script”


4.       Lalu, akan muncul pilihan seperti dibawah ini:



5.       Pilih salah satu tipe yang sesuai denga yang dibutuhkan, disini saya akan memilih yang paling pojok kiri atas, sehingga akan terbentuk seperti ini:




 6.       Kemudian tinggal ketik angka sesuai dengan yang dibutuhkan, sehingga terbentuk seperti ini:


  
7.      Untuk Pengitungannya menggunakan fungsi matematik biasa seperti dibawah ini:




8.       Untuk perhitungan lainnya menggunakan carayang hampir sama yaitu pilih tabs insert, lalu klik “equation”, pilih format matematik yang sesuai, lalu isi dnegan datanya.



Untuk input data dengan fungsi akar matematika seperti gambar diatas, maka klik command “radical” dan pilih bentuk yg sesuai, lalu untuk mengisi angka dalam akar klik “fraction” dan pilih bentuk yang sesuai juga.
Untuk hasilnya dapat menggunakan rumus seperti dibawah ini:


  
Yaitu =SQRT((0,204*42)/(0,007*34))

9.      
Pada bentuk logaritma juga sama hanya command yang dipilih adalah “lim and log”, seperti gambar dibawah ini, namun untuk kasus seperti contoh yang saya gunakan, terlebih dahulu kita pilih “fraction”, baru sisipkan “lim and log”.




10.   Untuk mencari hasilnya dapat menggunakan rumus seperti dibawah ini:
=(1/LOG(60;3))+(1/LOG(60;4))+(1/LOG(60;5))

 



Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, Terimakasih J

0 komentar:

Posting Komentar